-->

Notification

×

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

300 Batu Ginjal: Kisah Unik Wanita Taiwan dan Bahaya Minuman Manis

Wednesday, December 20, 2023 | 3:28 AM WIB Last Updated 2023-12-19T20:28:54Z
iklan

Batu Ginjal

Batu Ginjal
Ilustrasi: 300 Batu Ginjal: Kisah Unik Wanita Taiwan dan Bahaya Minuman Manis

300  Batu Ginjal - comunitynews - Sebuah kejadian luar biasa terjadi di Taiwan terhadap seorang wanita berusia 20 tahun. Dia mendapatkan diagnosis mengerikan batu ginjal setelah ditemukan lebih dari 300 batu di dalam ginjalnya. Apa sebenarnya yang menyebabkan wanita itu memiliki begitu banyak batu di tubuhnya? Ini jelas cerita yang menarik.

Wanita tersebut, Xiao Yu, menderita nyeri punggung yang parah dan menderita demam, menurut detikHealth dari The Strait Times. Dokter menemukan melalui pemeriksaan USG bahwa batu telah membengkakkan ginjalnya. Selain itu, lebih dari 300 batu yang menyerupai "roti kukus kecil" dikeluarkan melalui operasi.

Hasil tes CT scan yang dilakukan di Pusat Medis Chi Mei di Tainan menunjukkan bahwa batu-batu tersebut berukuran antara 5 mm hingga 2 cm. Tes darah yang dilakukan juga menunjukkan bahwa ada banyak sel darah putih, menandakan infeksi.

Dokter yang menangani, Dr. Lim Chye-yang, seorang urologi, mengatakan bahwa batu ginjal lebih sering terjadi pada musim semi dan musim panas, terutama karena cuaca panas yang menyebabkan dehidrasi, yang menyebabkan urine menjadi lebih pekat dan mendorong mineral untuk membentuk batu.

Yang mengejutkan, Xiao Yu tidak suka minum air putih dan lebih suka minuman manis seperti teh boba, jus buah, dan bahkan minuman alkohol. Tubuh menghasilkan batu ginjal sebagian besar karena hal ini. Dia akhirnya dibawa ke Rumah Sakit Chi Mei di Tainan karena demam dan nyeri punggung.

Dr. Lim Chye menekankan beberapa penyebab batu ginjal dan mengingatkan bahwa pria memiliki kemungkinan tiga kali lebih besar daripada wanita untuk mengalaminya.

Menurut kemkes.go.id, beberapa penyebab paling umum batu ginjal di Indonesia adalah kurang minum air, ketidakseimbangan aktivitas fisik, obesitas, konsumsi makanan yang tinggi garam atau gula, dan riwayat infeksi atau keluarga. Oleh karena itu, untuk mencegah risiko terkena masalah ginjal, semua orang harus memperhatikan kebiasaan hidrasi mereka untuk menjaga kesehatan ginjal mereka.
×
Berita Terbaru Update