-->

Notification

×

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

GoTo dan TikTok Shop: Gebrakan Belanja Online Indonesia

Tuesday, December 12, 2023 | 1:02 AM WIB Last Updated 2023-12-11T18:04:04Z
iklan

TikTok Shop

TikTok Shop
Ilustrasi: GoTo dan TikTok Shop: Gebrakan Belanja Online Indonesia

TikTok Shop - comunitynews - Melalui toko onlinenya Tokopedia, GoTo baru-baru ini mengumumkan kerja sama strategisnya dengan TikTok untuk menghidupkan kembali toko TikTok di Indonesia. TikTok telah menginvestasikan US$ 1,5 miliar ke Tokopedia, dan saat ini memiliki mayoritas saham sebesar 75,01% dari perusahaan. Perjanjian bisnis ini akan menyatukan Tokopedia dan TikTok Shop ke dalam entitas PT Tokopedia.

PT Tokopedia akan menangani fitur belanja di aplikasi TikTok di Indonesia, menciptakan kerja sama yang menarik antara kedua platform. Namun, pertanyaannya adalah apakah ini dapat menyebabkan dominasi global dalam pasar e-commerce?

Tokopedia dan TikTok Shop tidak akan menjadi monopoli, kata Nailul Huda dari Center of Law and Economic Studies (Celios). Ia menyatakan bahwa pangsa pasar kedua perusahaan tetap sama dengan pesaing lokal lainnya di dalam negeri. Terlepas dari kenyataan bahwa merek terkenal seperti Lazada, Blibli, dan Bukalapak mungkin mengalami penurunan pangsa pasar.

Nailul mengatakan yang dikutip berbagai sumber, "Kerja sama ini lebih fokus pada persaingan melalui fitur live shopping, meskipun beberapa pesaing terdampak, namun tidak menciptakan dominasi yang merugikan."

Nailul juga percaya bahwa TikTok Shop akan kembali. Kolaborasi antara TikTok dan Tokopedia diharapkan dapat menghidupkan kembali pengalaman berbelanja dan bersosial media secara bersamaan, menarik lebih banyak penjual ke kedua platform sambil meningkatkan loyalitas pengguna TikTok.

"Kehadiran ini dapat memperkuat loyalitas pengguna TikTok, bahkan menarik pengguna baru dari ekosistem penjual Tokopedia," katanya.

TikTok mengumumkan komitmen jangka panjangnya dengan menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar untuk membantu operasi Tokopedia. Sementara itu, Tokopedia dan TikTok menjamin bahwa pelanggan mereka tidak akan terpengaruh oleh perubahan ini.

Tokopedia memastikan bahwa jual-beli tetap berjalan seperti biasa. Selain itu, TikTok telah memberi tahu penjual TikTok Shop melalui email bahwa toko akan mulai beroperasi Senin pukul 09:00 WIB, dan pelanggan akan dapat menggunakannya mulai Selasa (12/12/2023).
×
Berita Terbaru Update