-->

Notification

×

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Obat Alami Alergi Makanan pada Orang Dewasa Tanpa Efek Samping

Monday, December 11, 2023 | 3:18 AM WIB Last Updated 2023-12-10T20:18:38Z
iklan

 Obat Alami Alergi Makanan pada Orang Dewasa

Obat Alami Alergi Makanan pada Orang Dewasa
Ilustrasi:  Obat Alami Alergi Makanan pada Orang Dewasa Tanpa Efek Samping

Obat Alami Alergi Makanan pada Orang Dewasa - comunitynews - Alergi dapat diobati dengan cara alami dan menyenangkan. Ada banyak pilihan alami yang dapat membantu Anda mengatasi keluhan alergi Anda, seperti minum madu atau mandi oatmeal.

Meskipun penyebab utama alergi belum diketahui, genetika dianggap sebagai salah satu faktor utama yang dapat menyebabkannya. Orang-orang yang memiliki riwayat alergi mungkin lebih rentan mengalami gejala alergi.

Tubuh menunjukkan reaksi berlebihan terhadap suatu zat karena alergi, meskipun reaksi ini tidak terjadi pada zat lain. Alergi dapat berasal dari makanan seperti telur, kacang, serbuk sari, debu, obat-obatan, atau bulu binatang peliharaan.

Alergi dapat menyebabkan gejala yang berbeda, seperti hidung meler, bersin-bersin, mata bengkak, hingga gatal dan ruam kulit. Cara terbaik untuk mengatasi alergi adalah dengan menemukan penyebabnya dan menghindarinya.

Alergi tidak dapat disembuhkan sepenuhnya, tetapi gejalanya dapat diatasi agar tidak mengganggu kehidupan sehari-hari. Anda dapat mencoba beberapa obat alergi alami selain obat antihistamin.

Dikutip dari halaman aladokter adalah, beberapa pilihan obat alergi alami yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Madu

Madu memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antialergi yang dapat meredakan gejala alergi seperti rhinitis, asma, dan dermatitis atopik. Anda dapat menggunakannya dengan mengoleskannya pada kulit yang terkena alergi atau memakannya secara langsung untuk meredakan peradangan.


2. Lidah Buaya

Lidah buaya dapat meredakan peradangan dan gatal kulit yang disebabkan oleh alergi dengan sifat antiradangnya yang kuat. Untuk hasil terbaik, oleskan gel lidah buaya pada area yang terkena dua kali sehari.

3. Oatmeal

Karena kandungan antioksidan dan antiradangnya, oatmeal dapat membantu mengurangi gatal dan biduran pada kulit. Setelah Anda mencampur oatmeal tanpa rasa ke dalam air hangat, berendamlah dalam campuran.

4. Probiotik yoghurt

dapat berfungsi sebagai antihistamin alami untuk meredakan gejala rhinitis alergi seperti bersin, hidung meler, dan gatal-gatal.


5. Brokoli

Brokoli mengandung vitamin C yang tinggi, yang memiliki sifat antiradang dan antioksidan. Mengonsumsi brokoli dapat membantu mengurangi peradangan dan gejala alergi.

6. Stroberi

Stroberi dapat meredakan gejala alergi jika dimakan langsung atau dimasak menjadi puding, salad buah, kue, atau jus. Stroberi mengandung vitamin C, yang merupakan antioksidan.

7. Nanas

Enzim bromelain, yang terdapat dalam nanas, berfungsi sebagai antiradang dan membantu mengatasi gangguan pernapasan yang disebabkan oleh alergi.


8. Minyak Peppermint

Sifat antiradang minyak peppermint membantu mengobati rhinitis dan asma. Dengan diffuser atau campuran minyak pelarut, oleskan ke kulit.

9. Minyak Eucalyptus

Minyak eucalyptus memiliki sifat antiradang yang dapat membantu mengurangi gejala peradangan dan alergi pada saluran pernapasan.

10. Pembersih udara dengan filter HEPA

membersihkan udara dari alergen seperti debu dan bulu hewan peliharaan, yang meredakan gejala alergi dalam ruangan.

Anda dapat mencoba metode alternatif seperti akupuntur, bilas hidung, dan berolahraga secara teratur selain menggunakan obat alergi alami. Namun, untuk menghindari efek samping obat yang tidak diinginkan, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mencoba obat alergi alami. Dokter juga dapat memberi Anda saran tentang kondisi Anda.
×
Berita Terbaru Update