-->

Notification

×

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tanggal 22 Desember Hari Apa: Selain Hari Ibu, Ada Perayan Unik yang Menginspirasi

Friday, December 22, 2023 | 9:00 AM WIB Last Updated 2023-12-22T02:16:40Z
iklan

Tanggal 22 Desember Hari Apa

Tanggal 22 Desember Hari Apa
Ilustrasi: Tanggal 22 Desember Hari Apa: Selain Hari Ibu, Ada Perayan Unik yang Menginspirasi

22 Desember Hari Apa - comunitynews - Ternyata, di balik tirai tanggal 22 Desember, tersimpan sejumlah hari khusus yang dirayakan oleh berbagai kelompok di masyarakat. Meskipun Hari Ibu Nasional menjadi sorotan utama pada tanggal ini, masih ada beberapa perayaan menarik lainnya yang mungkin belum pernah terbersit di pikiran kita sebelumnya.

1. Peringatan Hari Ibu:


Menurut informasi dari situs resmi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), Peringatan Hari Ibu ternyata berasal dari kongres pertama Perempuan Indonesia pada 22-25 Desember 1928, yang diadakan di DI Yogyakarta. Sebanyak 30 organisasi perempuan Indonesia bergabung dalam kongres tersebut. Keputusan untuk merayakan dan mengenang jasa ibu diresmikan berdasarkan Keppres RI No. 316 Tahun 1959. Uniknya, setiap negara memiliki tanggal peringatan Hari Ibu yang berbeda-beda, dengan Indonesia merayakannya setiap tanggal 22 Desember.

2. Hari Matematika:


Menariknya, 22 Desember juga dijadikan Hari Matematika di India untuk menghormati ulang tahun Srinivasa Ramanujan, seorang ahli matematika terkemuka. Ramanujan, yang hidup pada masa pemerintahan Inggris dan India, memberikan kontribusi penting pada teori bilangan, deret tak hingga, analisis matematika, dan pecahan lanjutan. Meskipun meninggal pada usia 32 tahun, karyanya terus memberikan dampak, terutama setelah buku catatannya yang hilang ditemukan lebih dari 50 tahun setelah kematiannya pada tahun 1976.

3. Hari Orang Pendek Nasional:


Menurut Days of The Year, 22 Desember juga dirayakan sebagai Hari Orang Pendek Nasional. Sebuah kesempatan untuk mengakui keberagaman tinggi badan dan menyenangkan orang-orang pendek di sekitar kita. Mitos tentang Napoleon Bonaparte yang pendek juga disinggung, mengingat tingginya yang sebenarnya adalah 5 kaki 7 inci. Tinggi badan dianggap relatif, tergantung pada waktu dan tempat, sehingga pesan utamanya adalah untuk merayakan perbedaan.

4. Hari Betty Nasional di AS:


Untuk para pemilik nama Betty, Bethany, Elizabeth, atau Beatrice, 22 Desember merupakan Hari Betty Nasional. Diproklamirkan oleh Walikota Hornersville, Bub Forsythe, untuk menghormati semua Betty di dunia. Tanggal ini dipilih untuk memperingati ulang tahun Betty Hinesly, anggota komunitas Hornersville. Nama Betty atau varian lainnya memiliki sejarah panjang dan pernah menjadi sangat populer pada 1934.

Dengan begitu banyak perayaan menarik yang tersembunyi di tanggal ini, mungkin saatnya bagi kita untuk merayakan keragaman dan keunikan setiap peristiwa dan individu pada 22 Desember.

Dikutip dari Liputan 6
×
Berita Terbaru Update