-->

Notification

×

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

PJC Sukses Gelar Pelatihan Jurnalistik se-Indonesia

Wednesday, January 17, 2024 | 6:23 PM WIB Last Updated 2024-01-17T11:24:17Z
iklan
PJC Sukses Gelar Pelatihan Jurnalistik se-Indonesia
Peserta Pelatihan Jurnalis Center 

Pekanbaru (comunitynews) - Pelatihan Journalist Center (PJC) sukses menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik Se-Indonesia dengan tema "Strategi Wartawan Mengindari Kekerasan dan Kriminalisasi." Rabu(17/1/2024).

Narasumber utama, Drs. Wahyudi El Panggabean, M. H, Direktur Utama PJC, memberikan wawasan mengenai faktor-faktor kekerasan, seperti minimnya strategi dan lemahnya skill komunikasi saat peliputan di area konflik.

“Lemahnya skill komunikasi, tidak memiliki integritas dan mudahnya terpancing emosi. Yang terakhir ini yang paling berbahaya dan bisa menggagalkan misi wartawan dalam memburu informasi,” paparnya. 

Wahyudi, dengan pengalaman nyaris 40 tahun sebagai wartawan, menekankan bahwa kekerasan dapat dihindari dengan taat pada KEJI, waspada di area konflik, menjaga penampilan, berbicara santun, dan menjadi wartawan berintegritas. 

“Pertama, selalu taati KEJI. Waspadai situasi di area konflik, jangan angkuh, jaga penampilan. Berbicaralah dengan santun dan lembut. Jangan menulis berita sepihak dan terakhir jadilah wartawan berintegritas,” bebernya.

Selain itu, ia mengajak wartawan untuk mengenali secara mendalam tugas dan kewenangan mereka sebagai jurnalis.

“Sebagian diduga bersumber dari kontraprofesionalisme wartawan itu sendiri," tutur Wahyudi.

Paparan materi Wahyudi juga menyoroti keberanian sebagai unsur kunci dalam menjalani profesi wartawan. Masuk ke dunia jurnalistik dengan rasa cinta yang mendalam, kata Wahyudi, menjadi modal dasar. Berlatih dan belajar secara konsisten di bidang ilmu jurnalis merupakan jembatan emas menuju profesionalisme.

Pelatihan jurnalistik online ini diikuti peserta dari berbagai daerah di Indonesia, menunjukkan minat yang besar dalam pengembangan keterampilan wartawan. Wahyudi menekankan bahwa kesuksesan dalam profesi ini hanya diraih bagi mereka yang menjadikan wartawan sebagai "panggilan hati."

Selain Wahyudi, Direktur Bidang Pendidikan PJC, Abdul Kadir, S.Pd., M.Pd., M.I.Kom, juga memberikan kontribusi dengan membahas 

"Strategi Praktis Menulis Berita." Pelatihan ini turut mendukung kerja jurnalistik dengan pilihan materi yang relevan, seperti public speaking, yang akan diadakan dalam waktu dekat dan terbuka untuk umum. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui nomor 085272009219". Tutupnya.
×
Berita Terbaru Update