Gunung Ruang Naik Level Siaga: Evakuasi dan Tanggap Darurat di Sitaro

Gunung Ruang Meletus

Gunung Ruang
Gunung Ruang Meletus

Gunung Ruang Meletus (comunitynews) - Setelah hasil pemantauan visual dan instrumental yang menunjukkan aktivitas vulkanik yang signifikan, aktivitas Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara, naik dari Level II (Waspada) menjadi Level III (Siaga).

Detail Erupsi dan Akibatnya 


Gunung Ruang meletus di Kabupaten Kepulauan Sitaro pada Selasa malam tanggal 16 April 2024. Desa Pumpente dan Desa Patologi di Kecamatan Tagulandang terdampak paling parah. Sebagai informasi yang diberikan oleh BPBD kabupaten Sitaro pada Rabu (17/4), gunung tersebut kembali erupsi pada pukul 01:30 WIB, menyebabkan hujan abu vulkanik yang signifikan.

Akibatnya, sebanyak 272 kepala keluarga, atau sekitar 828 jiwa, mengungsi. Di antara mereka, 45 ditempatkan di Gedung BPU Kecamatan Tagulandang, dan 783 ditempatkan di rumah kerabat dan saudara di daratan Pulau Tagulandang.

Tempat Pengungsian dan Bantuan Pengungsian tersedia di beberapa tempat, seperti Gereja GMIST Nazareth Bahoi, Balai Latihan Kerja Bahoi, GOR Tagulandang, dan Balai Pertemuan Umum (BPU) di Kecamatan Tagulandang. Di wilayah Tagulandang Selatan dan Tagulandang Utara, rumah ibadah juga digunakan untuk menampung warga yang terdampak.


Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) telah menetapkan Status Tanggap Darurat selama empat belas hari, dari tanggal 16 April hingga tanggal 29 April 2024. BPBD Kabupaten Sitaro dan BPBD Provinsi Sulawesi Utara telah menyediakan tikar, selimut, dan masker untuk kebutuhan darurat.

BPBD Kabupaten Sitaro melakukan evakuasi dan persiapan penanganan di Kecamatan Tagulandang. Orang-orang dari Desa Patologi dan Desa Pumpente dievakuasi ke Kecamatan Tagulandang dengan kapal ferry dan perahu penyeberangan milik warga.


Untuk mengatasi masalah ini, sebanyak 30 anggota dari BPBD, perangkat Kecamatan Tagulandang, perangkat Kampung, Kelurahan, SatPol PP, Damkar, dan Dinkes dikirim. Dengan jumlah personel sebanyak 20 orang, BASARNAS Manado tiba di Tagulandang pada Rabu (17/4).

Rekomendasi PVMBG mengenai tingkat aktivitas Gunung Ruang pada Level III (Siaga):


  1. Baik masyarakat di sekitar Gunung Ruang maupun orang-orang yang berkunjung ke Gunung Ruang diminta untuk berhati-hati. Mereka diminta untuk tidak memasuki area yang terletak dalam radius 4 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.
  2. Aplikasi MAGMA Indonesia, yang dapat diunduh melalui website MAGMA Indonesia atau Google Playstore, akan memungkinkan masyarakat di sekitar Gunung Ruang untuk tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa, tanpa terpengaruh oleh masalah yang berkembang sehubungan dengan erupsi Gunung Ruang.

Dengan aktivitas Gunung Ruang menjadi Siaga (Level III), koordinasi dan kerjasama antarinstansi serta kesadaran masyarakat sangat penting dalam menghadapi keadaan seperti ini. Mudah-mudahan situasi dapat ditangani dengan baik dan masyarakat dapat tetap waspada dan mengikuti arahan yang diberikan oleh pihak berwenang.

Dikutip dari laman BNPB

0 Response to "Gunung Ruang Naik Level Siaga: Evakuasi dan Tanggap Darurat di Sitaro"

Iklan Atas artikel




Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan Bawah Artikel

Loading...