Home
Bantuan Alsintan di Kabupaten Tangerang
Kabupaten Tangerang
Kelompok Tani
Bantuan Alsintan di Kabupaten Tangerang
Bantuan Alshintan di Kabupaten Tangerang
Bantuan Alsintan di Kabupaten Tangerang

Kab.Tangerang (comunitynews) - Pemerintah Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, menggelar acara serah terima bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani di wilayah itu. Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan produksi petani, khususnya dalam budidaya padi sawah.

Pada Kamis, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid, menyampaikan bahwa bantuan Alsintan ini termasuk 10 unit traktor roda dua dan 28 unit pompa air dengan berbagai jenis dan spesifikasi. Bantuan ini didanai melalui APBN tahun 2024, sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk mendukung peningkatan produktivitas sektor pertanian, terutama padi sawah.

"Harapan kami, dengan Alsintan ini, para petani dapat lebih mudah mengelola lahan sawah mereka dan meningkatkan hasil panen padi," ucapnya optimis.

Ia juga menekankan pentingnya perawatan Alsintan ini oleh para petani agar dapat memberikan manfaat jangka panjang yang optimal.

Menurut Kepala DPKP Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika Sutrisna, bantuan Alsintan ini disalurkan kepada kelompok tani di 13 kecamatan di Kabupaten Tangerang, antara lain di Kecamatan Kronjo, Cisoka, Solear, Mekarbaru, Gunungkaler, Sindangjaya, Mauk, Cikupa, Rajeg, Jayanti, Sukamulya, Pakuhaji, dan Sukadiri.

"Bantuan ini kami serahkan langsung kepada kelompok tani, kecuali 28 unit Pompa air 3 inch dalam bentuk brigade yang akan dikelola oleh DPKP. Kami siap meminjamkan kepada petani jika dibutuhkan di masa mendatang," jelasnya.

Dengan adanya bantuan Alsintan ini, diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui peningkatan produksi pertanian, sekaligus memberikan kemudahan akses teknologi bagi para petani di Kabupaten Tangerang.

Blog authors