-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Akibat Banjir Gagal Panen Para Petani Gempol Sari Tangerang Alami Kerugian

Sunday, January 23, 2022 | 3:18 AM WIB Last Updated 2022-01-22T20:18:17Z
iklan
Akibat Banjir Gagal Panen Para Petani Gempol Sari Tangerang Alami Kerugian


Tangerang - comunitynews - Akibat banjir gagal panen  yang menerpa Desa Gempol Sari, Kecamatan Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang, Banten pada Rabu 19 Januari lalu, menyebabkan beberapa petani sayur-mayur di wilayah itu terancam gagal panen.


Akibat banjir gagal panen hal tersebut Ketua Barisan Tani (Poktan) daerah Sepatan Timur, Odo Septi menjelaskan, tempat sayur-mayur yang teredam banjir dari limpahan saluran sungai itu sekarang ini sedang masuk periode tanam, hingga beberapa petani terancam gagal panen sampai tidak untung.{merugi}


"Banyak petani-petani lahannya terimbas banjir. Tetapi jika petani padi di kami tidak ada cuman petani sayur mayur saja yang terimbas," tutur Odo di Tangerang, Sabtu 22 Januari 2022, seperti diambil dari Di antara.


Menurut Odo, akibat banjir gagal panen tersebut tanaman sayur-mayur punya petani yang terimbas itu terdiri dari beragam tipe, seperti tanaman kacang panjang, kangkung, bayam, ketimun, cabe dan lain-lain.


Tanaman sayur, jelas ia, tidak kuat pada kubangan air karena gampang membusuk walau cuman pada bagian pangkal batangnya saja.


Oleh karenanya, faksi saat ini cepat untuk kerahkan mesin pompa penghisap air untuk memperhitungkan itu. "Dan saya mengeklaim ke faksi berkaitan untuk selekasnya di benahi aliran-saluran air di dekat bantaran sungai," papar Odo.


Dia mengutarakan, bila keadaan itu terus-terusan didiamkan dan tidak selekasnya diatasi karena itu beberapa petani sayur di daerahnya akan alami rugi yang lumayan besar. "Tentu petani banyak yang rugi jika keadaannya semacam ini," katanya.


Tetapi, kata Odo, sekarang ini faksi Dinas Pertanian Kabupaten Tangerang sudah berusaha untuk mengurangi beban beberapa petani yang terimbas banjir itu dengan memberi kontribusi{bantuan} berbentuk bibit atau benih sayur mayur.


"Seperti bibit kangkung, bayam, dan lain-lain. Bahkan juga benih padi juga diberi untuk mengantisipasi bila terjadi akibat banjir gagal panen," ungkapkan Odo.

×
Berita Terbaru Update