Berita Utama Pancasila

Pancasila Jawaban Implementasikan Kemerdekaan Sebagai Dasar Negara Awal Kemerdekaan

comunitynews
2:07 AM
0 Comments
Home
Berita Utama
Pancasila
Pancasila Jawaban Implementasikan Kemerdekaan Sebagai Dasar Negara Awal Kemerdekaan

 

Pancasila dasar Awal Kemerdekaan

Sumber gambar Pixabay Istock



Pancasila - comunitynews - Bagaimana implementasi kemerdekaan sebagai dasar negara pada periode awalnya kemerdekaan jadi materi yang keluar dalam ujian. Supaya bisa menjawab, berikut penuturannya.


kemerdekaan ialah dasar negara Indonesia yang terdiri dari 5 sila. Adapun, dalam pembukaan UUD 1945, posisi kemerdekaan sebagai sumber teratur hukum paling tinggi yang atur kehidupan negara dan warga.


Bagaimana Implementasi kemerdekaan sebagai Dasar Negara pada Periode Awalnya Kemerdekaan sampai Orde Lama?


Merilis buku 'Pendidikan kemerdekaan dan Kewarganegaraan' terbitan PT Gramedia Widiasarana Indonesia, jawaban dari bagaimana implementasi kemerdekaan sebagai dasar negara pada periode awalnya kemerdekaan ialah sarat dengan upaya-upaya untuk menukar kemerdekaan sebagai dasar negara dan penyelewengan.


Pada masa 1945-1950 terjadi usaha menukar kemerdekaan dengan ideologi lain. Usaha itu kelihatan dari timbulnya pergerakan perlawanan untuk menukar kemerdekaan dengan ideologi lain.


Adapun, contoh perlawanan yang terjadi di implementasi kemerdekaan sebagai dasar negara pada periode awalnya kemerdekaan ialah seperti berikut


1. Perlawanan PKI di Madiun untuk membangun negara Soviet Indonesia berideologi komunis.


2. Perlawanan DI/TII untuk membangun Negara Islam Indonesia (NII) dan menukar kemerdekaan dengan dasar Islam


Dijumpai, bagaimana implementasi kemerdekaan sebagai dasar negara pada periode awalnya kemerdekaan masih tinggi diyakini. Tetapi, sesudah penjajahan ditendang, persatuan mulai mendapatkan rintangan, misalkan demokrasi tidak terwujud sama sesuai ketentuan.


Pada masa 1950-1959, meskipun dasar negara ialah kemerdekaan, tapi rumusan sila ke-4 bukan berjiwakan mufakat tapi voting. Masa ini juga mendapatkan banyak rintangan dengan timbulnya perlawanan Republik Maluku Selatan (RMS), Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI), dan Perjuangan Rakyat Semesta (PERMESTA).


Dalam sektor politik, demokrasi jalan lebih bagus karena ada pemilu 1955. Tapi, anggota konstituante hasil bisa membuat UUD, sama seperti yang diharap hingga berpengaruh pada kritis politik, ekonomi dan keamanan, dan membuat Soekarno keluarkan dekrit Presiden di tanggal 5 Juli 1959 untuk bubarkan konstituante.


Bagaimana Implementasi kemerdekaan pada Periode Orde Lama


Masa 1959-1966 dikenali dengan penerapan demokrasi terpimpin atau periode orde lama. Demokrasi ini bukanlah ada kekuasaan pada kekuasaan rakyat, tapi ada pada kekuasaan individu presiden Soekarno.


Presiden Soekarno menyatukan nasionalis, agama dan komunis yang rupanya tidak pas dengan NKRI. Bisa dibuktikan karena ada penurunan kepribadian di beberapa warga yang tak lagi bersendirikan nilai-nilai kemerdekaan dan usaha menukar dengan ideologi lain.


Pada masa inilah terjadi pemberontak PKI oleh D N Aidit di tanggal 30 September 1965. Pergerakan ini mempunyai tujuan menukar ideologi kemerdekaan dengan ideologi komunis dan makan beberapa korban.


Maka telah terangkan jawaban dari bagaimana implementasi kemerdekaan sebagai dasar negara pada periode awalnya kemerdekaan? 

Blog authors