-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Menteri Perindustrian Fahmi Idris Meninggal Dunia Ucapan Duka Mengucur Dari Figur Nasional

Sunday, May 22, 2022 | 4:17 PM WIB Last Updated 2022-05-22T09:55:25Z
iklan

 

Menteri perindustrian Fahmi Idris
Menteri Perindustrian Fahmi Idris Meninggal Dunia Ucapan Duka Mengucur Dari Figur Nasional

Menteri Perindustrian Fahmi Idris - Politisi senior Golkar yang bekas Menteri Perindustrian zaman Presiden SBY, Fahmi Idris meninggal dunia. Berita duka ini dikatakan oleh si putri, Fahira Idris di Twitter.


Menurut Fahira Idris, si ayahanda, Fahmi Idris berpulang ini hari, Minggu (22/5/2022) jam 10.00 WIB di RS Medistra, Jakarta.


Berita duka itu dikatakan oleh Fahira Idris lewat account Twitter resminya, @fahiraidris, seperti dikutip diakunya Minggu (22/5/2022).


"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Sudah berpulang ke Rahmatullah, Ayah saya, Bpk. Prof. Dr. H. Fahmi Idris bin Idris Geram Bagindo @fahmiidris1. Meninggal dunia jam 10.00 WIB di ICU RS Medistra," catat Fahira Idris.


Mencuplik sejumlah sumber, saat meniti karier di pemerintah, Fahmi Idris sempat dipercayai Presiden Habibie jadi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada Mei 1998 sampai Oktober 1999.


Bersambung di Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Fahmi Idris kembali dipilih di status yang serupa. Persisnya pada Oktober 2004 sampai Desember 2005.


Pria kelahiran Jakarta, 20 September 1943 ini selanjutnya direshuffle Jadi Menteri Perindustrian pada Desember 2005 sampai 2009.


Fahmi Idris dijumpai sebagai putra dari pasangan Minangkabau. Dia habiskan periode kecilnya di Kenari, Jakarta Pusat.


Fahmi muda lulus dari Fakultas Ekonomi Kampus Indonesia di tahun 1969. Di universitas itu, Fahmi dikenali sebagai aktivis yang ulet dan cekatan.


Beberapa kedudukan kemahasiswaan sempat ia sandang, diantaranya sebagai pimpinan Himpunan Mahasiswa Islam, Ketua Senat Fakultas Ekonomi UI (1965-1966), lalu Ketua Laskar Ampera Arief Rachman Hakim (1966-1968).


Jalan Politik Fahmi Idris


Profesi politik Fahmi Idris diawali pada 1984. Saat itu dia tergabung dengan Golkar. Bersama beberapa mitranya, Fahmi Idris langsung tunjukkan kemampuan berkampanye di wilayah berasal dari orang tuanya Sumatera Barat.


Selanjutnya pada rawan 1998-2004, Fahmi Idris memegang sebagai Ketua DPP Golkar di Jakarta.


Profesinya di Golkar sempat berhenti karena pada 2004, dia sempat dikeluarkan dalam keanggotaan partai karena melawan hasil Rapat Pimpinan Partai yang memberikan dukungan Megawati - Hasyim Muzadi sebagai capres dan wapres.


Saat itu, Fahmi justru memberikan dukungan pasangan Susilo Bambang Yudhoyono - Jusuf Kalla. Namanya direhabilitasi.


Ketua Umum Golkar waktu itu, Jusuf Kalla menariknya kembali masuk partai. Selainnya duduk di beberapa jenis kedudukan karier dan usaha, ia memegang sebagai Anggota Dewan Penasehat Golkar.



Fahmi Idris Meninggal Dunia, Perkataan(ucapan) Duka Mengucur dari Figur Nasional


Politisi senior partai Golkar, Fahmi Idris meninggal dunia, Minggu (22/5/2022). Menurut info yang dikatakan oleh anak Fahmi Idris, Fahira Idris, bekas Menteri Perindustrian Indonesia itu meninggal dunia pada jam 10:00 WIB.


"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Sudah berpulang ke Rahmatullah. Ayah saya, Bpk Prof. Dr. H. Fahmi Idris bin Idris Geram Bagindo @fahmiidris1. Meninggal dunia jam 10.00 wib di ICU RS Medistra," catat Fahira di account @fahiraidris.


Menurut Fahira Idris, mayat Fahmi Idris akan di semayamkan di Rumah Duka, Mampang Prapatan IV Nomor 20, Jakarta Selatan.


"Akan di semayamkan di Rumah Duka, Mampang Prapatan IV Nomor 20, Jakarta Selatan," sambungnya.


"Gagasan dimakamkan di Tanah Kusir jam 13.00 wib. Minta dimaafkan Ayah Fahmi Idris bila sepanjang hidup mempunyai salah dan khilaf,"


Beberapa figur nasional juga sampaikan rasa duka dalam berkaitan berita ini.


Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Achsanul Qosasi menjelaskan jika Fahmi Idris adalah figur ornag luar biasa.


"Mendiang orang luar biasa dan baik.. Surga tempatnya… Amiin Amiin," tulisnya di account Twitter @AchsanulQosasi


Selainnya Achsanul Qosasi, perkataan berkabung dikatakan oleh bekas anggota DPR RI, Alvin Lie.


"Berkabung atas meninggal dunianya Bang Fahmi Idris. Mudah-mudahan mendiang husnul khotimah," tulisnya di @alvinlie21



Fahmi Idris tinggalkan seseorang istri namanya Yenni Fatmawati dan 2 orang anak, yakni Fahira Idris dan Fahrina Fahmi Idris. Fahmi pernah dipilih jadi anggota DPR-GR sebagai wakil kelompok mahasiswa dan Ketua Fraksi Golkar di MPR RI.


Dia didapati menjabat sebagai Dewan Penasehat Organisasi masyarakat dan LBH Bang Japar (Kebangkitan Jawara dan Pengacara) mulai Februari 2017.

×
Berita Terbaru Update