0
Home  ›  hikmat  ›  hilal  ›  Idul Fitri  ›  imam  ›  khotbah  ›  lebaran  ›  ramadhan  ›  sholat Id  ›  surat Al Baqarah  ›  takbir  ›  tata cara

Takbiran Idul Fitri Tahun 2022 Berikut Bacaan Paling Lengkap

"Takbiran Idul Fitri - comunitynews - Lampung - Takbiran Idul Fitri 2022 disunnahkan penyelesaiannya oleh beberapa fuqaha. Ada yang memiliki pendapat, "

 

Takbiran Idul Fitri Tahun 2022  Berikut Bacaan Paling Lengkap
Source pixabay Istock


Takbiran Idul Fitri - comunitynews -Lampung - Takbiran Idul Fitri 2022 disunnahkan penyelesaiannya oleh beberapa fuqaha. Ada yang memiliki pendapat, bacaan takbir mulai digaungkan semenjak pergi ke arah sholat Idul Fitri tetapi ada juga yang menyebutkan, takbiran diawali sesudah menyaksikan hilal awalnya Syawal.


"Takbir disampaikan dengan suara keras. Beberapa orang bertakbir secara berjemaah maupun masing-masing," catat Hasan Ayyub dalam buku Fikih Beribadah Tutorial Komplet Melaksanakan ibadah Sama sesuai Sunnah Rasul, diambil Minggu (1/5/2022).


Info ini disokong dari Mazhab Syafi'i yang diriwayatkan oleh Said bin Al Musayyib, Abu Salamah, Urwah, Zaid bin Aslam berkenaan permulaan waktu takbiran Idul Fitri. Dari Al Maju' Syarh Al Muhadzdzab dan Bidayatu Al Mujtahid, permulaan takbiran diawali semenjak terbenamnya matahari pada malam Hari Raya Idul Fitri sampai usai saat akan diawalinya khotbah Idul Fitri.


Bacaan Takbir Idul Fitri 2022 Versus Pendek dan Panjang


1. Bacaan takbiran Idul Fitri 2022 pendek


اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ، لا إِلهَ إِلاَّ اللهُ واللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ وَِللهِ الحَمْدُ


Bacaan latin: Allaahu besar Allaahu besar Allaahu besar, laa illaa haillallahuwaallaahuakbar. Allaahu besar walillaahil hamd


Maknanya: "Allah maha besar Allah maha besar Allah maha besar. Tidak ada Tuhan selainnya Allah, Allah maha besar Allah maha besar dan semua puji untuk Allah."


2. Bacaan takbiran Idul Fitri 2022 panjang


اَللَّهُ اَكْبَرْ اَللَّهُ اَكْبَر اَللَّهُ اَكْبَرْ ـ لآاِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ ـ اَللَّهُ اَكْبَرْ اَللَّهُ اَكْبَرْ وَلِلَهِ الْحَمْدُ

اَللَّهُ اَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلاً ـ لآ اِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ وَلاَنَعْبُدُ اَلاَّ اِيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْكَرِهَ الْكَافِرُوْنَ لآاِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْـدَهُ وَنَصَرَعَبِدَهُ وَاَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ لآ اِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ. اَللَّهُ اَكْبَرْ اَللَّهُ اَكْبَرْ وَلِلَهِ الْحَمْدُ


Bacaan latin: Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar

Laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar

Allaahu akbar walillaahil hamd


Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar

Allaahu akbar kabiiraa walhamdulillaahi katsiiraa

wasubhaanallaahi bukrataw wa ashillaa


Laa ilaaha illallallahu walaa na'budu illaa iyyaahu

Mukhlishiina lahuddiin

Walau karihal kaafiruun

Walau karihal munafiqun

Walau karihal musyriku


Laa ilaaha illallaahu wahdah, shadaqa wa'dah, wanashara 'abdah, wa a'azza jundah, wahazamal ahzaaba wahdah


Laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar

Allaahu akbar walillaahil hamd


Maknanya: "Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, Allah Mahabesar

Tidak ada Tuhan (yang memiliki hak disembah) tetapi Allah dan Allah Mahabesar

Allah Mahabesar dan semua puji cuma untuk Allah


Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, Allah Mahabesar

Allah maha besar dengan semua kebesaran

Semua puji untuk Allah sebanyaknya

Dan maha suci Allah sejauh sore dan pagi


Tidak ada Tuhan selainnya Allah dan kami tidak menyembah selainnya kepada-Nya dengan memurnikan agama Islam walau orang kafir, munafiq dan musyrik membencinya.


Tidak ada Tuhan selainnya Allah dengan ke EsaanNya. Ia memenuhi janji, membantu hamba dan memuliakan bala tentaraNya dan melarikan lawan dengan ke EsaanNya. Tidak ada Tuhan selainnya Allah, Allah Maha Besar. Allah Maha Besar dan semua puji untuk Allah,"


Amalan membaca takbir di luar sholat atau takbiran Idul Fitri ini didasari dari firman Allah SWT dalam surah Al Baqarah ayat 185. Allah SWT berfirman,


وَ لِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ


Maknanya: "Dan sebaiknya kamu menggenapkan perhitungan (hari Ramadan), dan sebaiknya kamu agungkan Allah (dengan bertakbir) atas petunjukNya yang diberikan padamu, agar kamu mengucapkan syukur,"


Maka janganlah lupa nyalakan malam Lebaran dengan takbiran Idul Fitri 2022 sesuai bacaan di atas ya yang terdapat dari berbagai sumber terpercaya.


Tag : 


takbir, idul fitri, lebaran,sholat id, khotbah,imam,surat al baqarah,tata cara ramadhan,ramadhan,hikmah,

Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS