-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Bacaan Doa Ziarah Kubur Sesuai Sunnah Saat Lebaran

Monday, May 2, 2022 | 10:16 AM WIB Last Updated 2022-05-04T12:52:17Z
iklan

 

Bacaan Doa Ziarah Kubur Sesuai Sunnah Saat Lebaran



Bacaan doa ziarah Kubur - comunitynews - Lampung - Ziarah kubur menjadi adat turun-temurun warga di Indonesia. Ziarah atau nyekar ini umumnya dilaksanakan mendekati Ramadhan dan saat Idul Fitri datang. Lalu, seperti apakah doa ziarah kubur sesuai sunnah saat lebaran?


Ziarah kubur dilaksanakan untuk mengirim doa ke famili atau bagian keluarga yang sudah berpulang ke Rahmatullah supaya memperoleh ampunan dari Allah SWT. Saat lakukan ziarah kubur, ada doa ziarah kubur sesuai sunnah saat lebaran yang penting dibaca.


Selainnya meminta apunan ke Allah untuk orang yang sudah wafat, ziarah kubur jadi fasilitas untuk manusia supaya ingat kematian. Dengan demikian kita akan makin dekatkan diri pada Allah dengan membenahi amal beribadah. Lalu seperti apakah bacaan doa ziarah kubur sesuai sunnah saat lebaran?


Doa Ziarah Kubur Sesuai Sunnah saat Lebaran


Pertama baca surat Al-Fatihah sekitar 3x. Lanjut membaca surat al-Ikhlas sekitar 3x, al-Falaq dan an-Nas, lalu surat Al-Fatihah kembali, baca awalan surat al-Baqarah, dan ayat bangku. Kemudian, dapat di ikat dengan membaca surat Yaa Siin. Teruskan membaca kalimat tahlil:


"Laailaaha Illallah."


Maknanya: "Tidak ada Tuhan selainnya Allah."


Selanjutnya teruskan dengan membaca doa sebagai berikut ini:


"Allahumma Anzilfii khobrihi rahmata wadhzoya'a wannur, walbahjata waraukha waroikhana wassuroo, miiyauminaa hadzalla yaumilbaghsyi wanusyuri innaka malik robbu garrur."



"Ya Allah Ya Tuhan kami, turunkanlah dikuburnya (mendiang, sebutkan namanya) karunia, cahaya, sinar, keceriaan, kesenangan, keharuman, dan kebahagiaan semenjak hari ini sampai hari kehidupan dan kebangunan. Benar-benar, Kau penguasa, tuhan yang maha pemberi ampun."


"Allahummaghfiirlahu war hamhu wa 'aafihii wa'fu anhu, wa akrim nuzuulahu wawassii' madholahu, waghsilhu bil maa'i watssaljì walbaradi, wa naqqihi, minaddzzunubi wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu minad danasi."


"Wabdilhu daaran khairan min daarihi wa zaujan khaoran miin zaujihi. Wa adkhilhul jannata wa aidzhu min adzabil qabriiwa min adzabinnaari wafsah lahu fì qabrihi wa nawwir lahu fìhi."


Maknanya: "Ya Allah, berilah ampunan dan karunia padanya. Berikan keselamatan dan berikan ampunan padanya. Berikan kehormatan buatnya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah ia sama air, es, dan embun. Bersihkanlah ia dari kekeliruan seperti Kamu membersihkan pakaian yang putih dari kotoran."


"Gantikanlah buatnya rumah yang lebih bagus dari tempat tinggalnya, istri yang lebih bagus dari istrinya. Masukanlah ia ke surga-Mu, berikan pelindungan padanya dari hukuman kubur dan hukuman neraka. Lapangkanlah untuknya dalam pendamnya dan sinarilah ia didalamnya." (HR. Muslim).


Tata Cara Ziarah Kubur saat Lebaran


Ada banyak tata cara ziarah kubur saat lebaran yang dapat dilaksanakan menurut sunnah, yaitu seperti berikut:


1. Diprioritaskan berwudhu


2. Mengucapkan salam ke pakar kubur


3. Memanjatkan doa ke Mendiang


4. Membaca ayat-ayat pendek Al-Quran


5. Tidak boleh mencapai sisi atas makam


6. Tidak boleh melakukan tindakan terlalu berlebih.


Lihat kami di google news

×
Berita Terbaru Update