-->

Notification

×

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Beberapa Penyebab Larangan Naik Motor Pakai Sendal Jepit

Wednesday, June 15, 2022 | 8:25 AM WIB Last Updated 2022-06-15T01:25:51Z
iklan

 

Beberapa Penyebab Larangan Naik Motor Pakai Sendal Jepit
Beberapa Penyebab Larangan Naik Motor Pakai Sendal Jepit

Naik motor pakai sendal jepit - banten -  Comunitynews - Saat berkendaraan di jalan, cukup banyak bikers yang memakai sandal jepit bukan sepatu. Walau sebenarnya hal itu dapat mencelakakan untuk bikers sendiri atau pemakai jalan lain.


Kepala Korps Lalu Lintasi atau Kakorlantas Irjen Pol Firman Santyabudi menghimbau ke bikers lebih patuh ketentuan jalan raya terutamanya alat perlindungan diri.


"Tidak ada pelindungan pakai sandal jepit itu, karena jika sudah pakai motor, kulit itu bersinggungan langsung dengan aspal, ada api, ada bensin, ada kecepatan. Semakin cepat semakin tidak terlindung kita itu dia fatalitas," kata Firman selesai pimpin apel gelar pasukan Operasi Taat 2022 di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (13/6/2022).


Firman minta ke bikers agar semakin menimbang factor keselamatan.


"Jika disebut sepatu mahal, pakaian perlindungan mahal, ya tambah mahal mana dengan nyawa kita? Tolong itu dijadikan pertimbangan," katanya.


Pemakaian sandal jepit sat berkendaraan motor memang disoroti selesai pengakuan dari Kakorlantas Irjen Pol Firman Santyabudi. Bikers juga harus tahu bahaya dari pemakaian sandal saat berkendaraan.


Menurut Muhammad Ali Iqbal sebagai Community Development dan Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta ada 3 alasan mengapa pemakaian sandal jepit tidak dianjurkan untuk digunakan saat berkendaraan motor. Berikut alasannya.


Bisa Berakibat Muncul Luka Parah


Pemakaian sandal jepit saat berkendaraan motor dapat memunculkan luka yang lebih parah. Ini karena sisi kaki tidak terlindung dengan prima hingga luka yang lebih parah dapat menerpa bikers.


Resiko Terbelit Gigi Transmisi


Untuk bikers yang memakai motor non matik alias bertransmisi, dapat menyebabkan resiko kaki terbelit di gigi transmisi.


Mudah Jatuh Dari Motor Karena Licin


Pemakaian sandal jepit dapat mengakibatkan bikers tergelincir dan jatuh dari motor. Ini karena permukaan dasar sandal jepit licin hingga peluang dapat jatuh dari motor besar. Apa lagi saat musim penghujan seperti belakangan ini.


"Peralatan berkendaraan harus digunakan saat kita berkendaraan. Ini mempunyai tujuan untuk kurangi imbas negatif saat berlangsungnya kecelakaan. Begitu halnya sepatu harus dipakai saat kita berkendaraan," tandas Muhammad Ali Iqbal.

×
Berita Terbaru Update