-->

Notification

×

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pangikhan Tihang Makhga Sematkan Kikat Hanuang Bani pada Kepsek SMPN 1 Kalianda

Thursday, July 7, 2022 | 10:59 PM WIB Last Updated 2022-07-07T16:11:40Z
iklan

 

Pangikhan Tihang Makhga Sematkan Kikat Hanuang Bani pada Kepsek SMPN 1 Kalianda

Pangikhan Tihang Makhga Sematkan Kikat Hanuang Bani pada Kepsek SMPN 1 Kalianda


Kalianda, Comunitynews - Lamban Balak Sai Batin Pangikhan Tihang Makhga, Azhar Marzuki sematkankan kikat Hanuang Bani kepada Kepala Sekolah SMP N 1 Kalianda. Pada hari Kamis, (7/7/2022) bertempat Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.


Penyematan kikat dilakukan secara sakral oleh Pangikhan Tihang Makhga yang di berikan kepada Kepala Sekolah SMP N 1 Kalianda itu, salah satunya bertujuan untuk melestarikan adat dan budaya Lampung.


Pangikhan Tihang Makhga, Azhar Marzuki mengatakan "setalah disematkan Kikat Hanuang Bani besar harapan saya kepada Bapak Kepala Sekolah, dapat dijaga sebaik mungkin dan ikut andil dalam pelestarian seni dan budaya adat Lampung". Singkat Pangikhan.

Adat budaya Lampung


Kepala Sekolah SMPN 1 Kalianda, Ikhawal Amanat, S.Pd menceritakan bahwa satu bulan yang lalu dirinya sempat berfikir membeli kikat, tapi tidak ada yang tahu dimana tempat membeli kikat tersebut. 


"Saya ucapkan terimakasih kepada Atin sebagai Pangikhan, suatu kehormatan buat saya Kepala Sekolah SMP N 1 Kalianda  tanpa direncanakan, tanpa diberitahukan, dan saya disematkan kikat Hanuang Bani yang melambangkan keberanian".


Karna saya bersuku jawa maka dengan disematkan kikat seperti ini saya harus belajar lebih dalam tentang adat-istiadat lampung khususnya diKalianda, berupaya melestarikan budaya, dan seni yang ada melalui kegiatan-kegiatan yang ada disekolah.


"Ada tari sembah, dan musik gemelan salah satunya. Perintah Bupati Nanang Ermanto sekarang tari sembah tidak boleh lagi menggunakan musik MP3, Harus menggunakan gemelan. Sedang kita cari pelatihnya, supaya anak itu menari diiringi dengan musik gemelan asli yang dimainkan". Pungkasnya Kepala Sekolah itu.


Yogi/roni

×
Berita Terbaru Update