Kampung Serai Wangi Cisoka Tangerang Ahirnya Diresmikan Pemerintahan Propinsi Banten

 

Kampung Serai Wangi Cisoka Tangerang Ahirnya Diresmikan Pemerintahan Propinsi Banten
Kampung Serai Wangi Cisoka Tangerang Ahirnya Diresmikan Pemerintahan Propinsi Banten

Kampung Serai Wangi - comunitynews - Pemerintahan Propinsi Banten memberikan dukungan pengembangan dan budidaya serai wangi kepada masyarakat dengan manfaatkan pelataran dan tempat kosong disekitaran rumah untuk tanaman produktif.


"Ini sangat bagus untuk diperkembangkan. Aktivitas ini memberikan dukungan program pemerintahan. Baik tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten, Propinsi, sampai Nasional," kata Pj Gubernur Banten, Al Muktabar saat resmikan Kampung Serai Wangi di Dusun Karoya, Desa Carenang, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Jumat (2/9/2022) sore.


Kampung tematik ini sebagai inisiasi Kelompok 10 Kuliah Kerja Kemasyarakatan (KKK) Universitas Islam Syekh-Yusuf (Unis) Tangerang sebagai bentuk pemberdayaan potensi serai wangi disekitaran lokasi.


Al Muktabar mengharap masyarakat terus semangat lakukan budidaya serai wangi dan tingkatkan produksi dengan manfaatkan fasilitas yang ada.


"Tempat disekitaran sini masih tetap luas. Bisa jadi misalkan ditambahkan peternakan atau perkebunan lain," katanya.


Al Muktabar menghargai aktivitas yang diadakan untuk tingkatkan bahan baku produk minyak serai wangi di daerah tersebut.


Dalam peluang itu, Al Muktabar sampaikan jika kehidupan mahasiswa saat ini berbeda jauh dibandingkan saat dirinya masih kuliah. Mahasiswa sekarang ini agar lebih inovatif dan bisa buka mata pada persoalan yang berada di masyarakat hingga mendapati jalan keluarnya.


Selesai resmikan, Al Muktabar mengevaluasi lokasi penyulingan minyak serai wangi yang telah bekerja semenjak satu tahun terakhir.

Kepala Sisi Pengabdian Kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unis Tangerang Rizal Fahmi menerangkan, KKK Unis Tangerang Tahun 2022 mengusung topik Kerjasama Penanggulangan Penurunan Angka Kemiskinan dan Pengangguran.


"Yaang dilaksanakan oleh Kelompok 10 di Cisoka sebagai sisi dari usaha mahasiswa untuk tingkatkan tingkat hidup masyarakat sekitaran. Tahun ini kami mempunyai 22 Kelompok KKK yang menyebar di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang," papar Fahmi.


Menurut Fahmi pendampingan kepada masyarakat terus akan dilaksanakan walau nanti mahasiswa harus tinggalkan lokasi. Satu diantaranya lewat program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.


"Kami lakukan survey setiap lokasi untuk lakukan identifikasi keadaan masyarakat lewat aplikasi," ucapnya.


Wakil Ketua Kelompok 10 KKK Unis Tangerang 2022 Muhammad Luqman menambah, penyeluncuran Kampung Serai Wangi sebagai aktivitas puncak implementasi pengabdian kepada masyarakat. Dalam satu bulan terakhir mereka sudah lakukan beragam aktivitas seperti training budidaya Serai Wangi, workshop branding dan pemanfaatan digitalisasi untuk marketing, sampai ulasan legalitas lembaga ataupun produk minyak.

0 Response to "Kampung Serai Wangi Cisoka Tangerang Ahirnya Diresmikan Pemerintahan Propinsi Banten"

Iklan Atas artikel




Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan Bawah Artikel

Loading...