Pemberlakuan Ganjil Genap di Jakarta Kembali Diterapkan

 Ganjil Genap Hari Ini

Pemberlakuan Ganjil Genap di Jakarta Kembali Diterapkan
ilustrasi: Pemberlakuan Ganjil Genap di Jakarta Kembali Diterapkan

Ganjil genap hari ini - comunitynews - Sistem ganjil genap kembali diberlakukan dan diterapkan di jalan-jalan Jakarta pada hari Rabu, 26 April 2023. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas dan memperbaiki kualitas udara di ibukota.

AKBP Jhoni Eka Putra dari Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya mengkonfirmasi bahwa kebijakan ganjil-genap telah diberlakukan hari ini. "Kebijakan ini mulai berlaku hari ini," ujarnya saat dihubungi pada Rabu (26/4/2023).

Pengendara yang melanggar aturan ganjil genap akan dikenakan tilang elektronik (ETLE) baik menggunakan ETLE statis maupun mobile. Penegakan aturan ini akan dilakukan secara ketat di seluruh titik ETLE yang ada di Jakarta.

"Tindakan penerapan aturan ganjil-genap berlaku di seluruh titik Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), sedangkan di area yang tidak dapat dijangkau oleh ETLE statis akan digunakan ETLE mobile," demikian disampaikannya.

Aturan ganjil genap sebenarnya ditiadakan selama libur Lebaran sebagai bentuk kebijakan pemerintah untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan perjalanan. Namun, kembali diterapkan setelah masa libur usai.

Manfaat Pemberlakuan Ganjil Genap


Pemberlakuan sistem ganjil genap memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Jakarta. Di antaranya adalah:

1. Mengurangi Kemacetan

Salah satu manfaat utama dari pemberlakuan ganjil genap adalah mengurangi kemacetan di jalan-jalan Jakarta. Dengan adanya pembatasan kendaraan, maka jumlah kendaraan di jalan akan berkurang sehingga lalu lintas menjadi lebih lancar.

2. Meningkatkan Kualitas Udara

Kepadatan lalu lintas juga mempengaruhi kualitas udara di Jakarta. Dengan adanya pembatasan kendaraan, maka emisi gas buang kendaraan dapat berkurang sehingga kualitas udara di Jakarta menjadi lebih baik.

3. Menghemat Biaya BBM

Jumlah kendaraan yang berkurang akibat pemberlakuan ganjil genap juga berdampak pada penghematan biaya bahan bakar minyak (BBM) bagi masyarakat. Semakin lancarnya lalu lintas, maka semakin hemat pula biaya BBM yang dikeluarkan.

Penegakan Aturan Ganjil Genap


Pemerintah Jakarta telah menyiapkan berbagai titik ETLE statis di seluruh penjuru kota untuk menegakkan aturan ganjil genap. Selain itu, penggunaan ETLE mobile juga akan digunakan di titik-titik tertentu yang tidak terjangkau oleh ETLE statis.

Penggunaan teknologi ETLE untuk menindak pelanggaran ganjil genap juga diharapkan dapat mempercepat proses penindakan sehingga aturan dapat ditegakkan dengan lebih efektif dan efisien.

Kesimpulan

Pemberlakuan sistem ganjil genap di jalan-jalan Jakarta kembali diterapkan pada hari Rabu, 26 April 2023. Aturan ini memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, seperti mengurangi kemacetan, meningkatkan kualitas udara, dan menghemat biaya BBM. Penegakan aturan akan dilakukan secara ketat dengan menggunakan teknologi tilang elektronik baik menggunakan ETLE statis maupun mobile di seluruh titik ETLE yang ada di Jakarta.

0 Response to "Pemberlakuan Ganjil Genap di Jakarta Kembali Diterapkan"

Iklan Atas artikel




Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan Bawah Artikel

Loading...