-->

Notification

×

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Bimtek KPPS: Peningkatan Kualitas Penyelenggara Pemilu 2024

Friday, January 26, 2024 | 11:02 PM WIB Last Updated 2024-01-26T16:02:32Z
iklan

Bimtek KPPS adalah

Bimtek KPPS
Ilustrasi: Bimtek KPPS: Peningkatan Kualitas Penyelenggara Pemilu 2024

Bimtek KPPS adalah (comunitynews) - Pada tanggal 25 Januari 2024, KPU RI melantik 5.741.127 anggota KPPS di 71 ribu tempat, tetapi ada perselisihan dalam pelaksanaannya. Pelantikan serentak yang dilakukan di Jakarta oleh Hasyim Asy'ari, ketua KPU, menandai awal persiapan untuk Pemilu 2024.

Bimtek KPPS: Apa Itu?



KPU melakukan kemajuan besar dalam pelatihan penyelenggara pemilu. Jika sebelumnya hanya satu anggota di setiap TPS yang menerima bimbingan teknis, sekarang semua tujuh anggota KPPS akan menerima bimbingan teknis. Tujuan apa? Meningkatkan kelayakan pemilih dalam menggunakan hak mereka untuk memilih.

"Kalau tujuh orang ini dilatih, maka juga ada kesempatan bagi tujuh orang ini saling mengingatkan pemahaman dan kemampuan teknis dalam penyelenggaraan pemungutan, penghitungan suara di TPS," kata Hasyim Asy'ari, ketua KPU.

Materi Pembelajaran KPPS


Materi pelatihan KPPS mencakup berbagai aspek teknis tugas KPPS, mulai dari persiapan TPS, pencoblosan, hingga penghitungan suara. Bimtek akan diadakan di setiap kelurahan atau kecamatan dari 27 Januari hingga 2 Februari 2023.


Pendidikan KPPS menjadi fokus utama di berbagai bidang, seperti:

  1. 4.088 petugas KPPS di Kota Madiun mengikuti bimbingan teknis di Wisma Haji Kota Madiun selama tiga hari (26-28 Januari 2024).
  2. Bimtek di Kalimantan Utara: Pada 25 Januari 2024, KPU Kalimantan Utara melantik 16.065 KPPS. Mereka kemudian akan mengikuti bimtek untuk mempersiapkan diri untuk tugas mendatang.
  3. Bimtek di Jakarta Timur: KPU Jakarta Timur melantik 61.684 anggota KPPS untuk bertugas di 8.812 tempat pemungutan suara. Pelantikan ini diikuti dengan bimtek, menunjukkan komitmen kuat mereka untuk memastikan penyelenggaraan pemilu yang berkualitas tinggi.
  4. Bimtek di Papua Barat: KPU Papua Barat memberikan bimbingan teknis kepada seluruh KPU kabupaten di wilayah setempat terkait tugas-tugas KPPS. Ini adalah langkah penting untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan di tingkat lokal.
  5. Bimtek di Sorong Selatan: KPU Sorong Selatan, Papua Barat Daya, mengadakan bimtek khusus untuk PPD dan PPS mengenai tugas anggota KPPS. Bimtek ini mengacu pada Peraturan Nomor 25 Tahun 2023 yang mengatur tugas fungsi anggota PPD dan PKPU.


Bimtek KPPS menjadi pondasi untuk meningkatkan penyelenggaraan pemilu. Harapan besar adalah sinergi antara Bimtek KPPS dan dedikasi anggota KPPS dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pemilih di setiap TPS.
×
Berita Terbaru Update