-->

Notification

×

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Hari Pers Nasional: Apresiasi dan Pesan Kritis dari Presiden Joko Widodo

Thursday, February 22, 2024 | 8:00 AM WIB Last Updated 2024-02-22T01:20:13Z
iklan

 

Hari Pers Nasional: Apresiasi dan Pesan Kritis dari Presiden Joko Widodo
Hari Pers Nasional Tahun 2024 yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo

Hari Pers Nasional (comunitynews) - Pada Selasa, 20 Februari 2024, Ecoventional Hall, Ecopark, Ancol, Jakarta Utara menjadi saksi puncak peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2024 yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Dalam sambutannya, Kepala Negara tidak hanya sekadar mengucapkan apresiasi, namun juga menyampaikan pesan kritis yang relevan untuk menjaga kebebasan pers di Indonesia.


Apresiasi terhadap Peran Pers dalam Pemilu 2024


Presiden Joko Widodo mengawali sambutannya dengan mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan pers di Tanah Air. Beliau mengakui peran krusial pers dalam mengawal Pemilu 2024 yang baru saja berlangsung. "Saya juga berterima kasih kepada pers yang turut mengawal Pemilu 2024 yang baru saja kita jalani," ungkap Presiden.


Keberanian dan ketajaman kritik dari pers dinilai sebagai kontribusi positif dalam menjaga integritas demokrasi. Presiden menegaskan penghargaannya terhadap kebebasan pers, ekspresi, dan pendapat di Indonesia. Meski sering menjadi sasaran kritik tajam, Presiden menyatakan bahwa hal tersebut adalah bagian dari penghormatan terhadap kebebasan pers yang dijunjung tinggi.


Pesanan Tegas untuk Pers


Presiden tidak hanya memberikan apresiasi, tetapi juga menitipkan dua pesan tegas kepada para insan pers di seluruh Tanah Air. Pertama, Presiden menginginkan agar pers tetap menjadi penjaga demokrasi dan menjelma menjadi rumah bersama yang menjernihkan informasi.


"Beritakanlah fakta-fakta apa adanya tapi bukan mengada-ada, bukan asumsi-asumsi, bukan seolah-olah ada," pesan Presiden dengan lugas. Pesan ini menegaskan pentingnya pers sebagai sumber informasi yang dapat dipercaya oleh masyarakat.


Inovasi dan Adaptasi di Era Global


Kedua, Presiden mengharapkan agar perusahaan pers di dalam negeri dapat memikirkan langkah-langkah konkret dan strategis. Dalam konteks ketidakpastian global, adaptasi dan inovasi dianggap sebagai kunci untuk menjaga eksistensi perusahaan pers.


"Agar adaptif dalam merespons perubahan zaman, mampu berdiri tegak secara mandiri di tengah gempuran persaingan global," tutur Presiden dengan penuh harap. Pesan ini mencerminkan kebutuhan akan transformasi dan inovasi dalam menjaga daya saing pers Indonesia di tingkat global.


Prestasi dan Dukungan dari Para Pejabat Negara


Acara tersebut turut dihadiri oleh sejumlah pejabat negara, antara lain Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan lainnya. Kehadiran mereka menunjukkan dukungan penuh pemerintah terhadap peran pers sebagai penjaga demokrasi.


Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2024 bukan hanya sekadar upacara formal, tetapi juga momentum penting untuk menggali makna lebih dalam tentang kebebasan pers. Apresiasi dan pesan kritis dari Presiden Joko Widodo menjadi pijakan berharga untuk menjaga eksistensi dan integritas pers Indonesia di masa yang akan datang.


Opini penulis yang dikutip dari seketariat kabinet

×
Berita Terbaru Update