0
Home  ›  2022  ›  Gerhana matahari  ›  gerhana matahari 25 Oktober  ›  Internasional

Gerhana Matahari 25 Oktober 2022, Bagaimana dengan Indonesia

"Gerhana matahari 25 Oktober 2022- Comunitynews - Gerhana matahari beberapa bisa terjadi esok pada Selasa, 25 Oktober. Kejadian bulan yang hendak lewat"

 

Gerhana Matahari 25 Oktober 2022, Bagaimana dengan Indonesia
Ilustrasi: Gerhana Matahari 25 Oktober 2022, Bagaimana dengan Indonesi

Gerhana matahari 25 Oktober 2022- Comunitynews - Gerhana matahari beberapa bisa terjadi esok pada Selasa, 25 Oktober. Kejadian bulan yang hendak lewat di depan matahari ini ialah gerhana matahari paling akhir tahun 2022. Tetapi sayang, kejadian ini cuma dapat disaksikan di beberapa daerah Eropa, Afrika dan Asia, tidak dari Indonesia.


Diterangkan dalam situs Space, gerhana matahari 25 Oktober ini bisa menjadi gerhana matahari beberapa dan gerhana matahari ke-2 tahun 2022.


Berdasar laporan Space, saat yang pas untuk melihat gerhana matahari parsial 25 Oktober tergantung pada darimanakah tempat untuk memonitor.


Gerhana tersebut diawali di Samudra Atlantik pada 08:58:20 Waktu Universal (GMT), yakni sekitaran 4:58 pagi EDT dan akan usai pada 09:01 EDT (1301 GMT).


Selanjutnya pucuk gerhana bisa terjadi pada jam 7 pagi EDT (1100:09 GMT). Pucuk gerhana ini akan merintangi 82% matahari karena bulan dan bintang tidak sejajar prima dengan Bumi seperti saat gerhana matahari keseluruhan, seperti diterangkan oleh periset gerhana, Fred Espenak.


Dapat Memperhatikan Lewat Streaming


Walau Indonesia tidak terhitung lajur yang dapat menyaksikan kejadian gerhana matahari 25 Oktober, tetapi ada pilihan untuk memperhatikan gerhana matahari itu lewat streaming.


Salah satunya yang hendak siarkan kejadian itu ialah Royal Observatory Greenwich di London. Astronom Jake Foster akan siarkan rekaman teleskop gerhana Matahari parsial dari Teleskop Astrografi Annie Maunder.


Dari London contact pertama (gerhana matahari beberapa diawali) pada 10:08 BST (05:08 EDT), dengan gerhana maksimal (jumlah paling besar Matahari terselinap) 15% pada 10:59 (05:59 EDT), dan gerhana usai pada 11:51 BST (06:51 EDT).


Untuk turut memperhatikan gerhana matahari 25 Oktober 2022 dapat kunjungi disini


Apa boleh Menyaksikan Gerhana dengan Mata Telanjang?


Sama seperti yang dijumpai, bila mata saksikan secara langsung ke matahari tanpa memakai perlindungan mata, karena itu bisa mengakibatkan kebutaan dan wujud kerusakan mata permanen lainnya.


Oleh karena itu, Ruang menerangkan selalu untuk memakai perlengkapan yang pas saat memperhatikan matahari atau gerhana matahari.


Terhitung saat melihat gerhana matahari 25 Oktober atau kejadian matahari yang lain. Pengamat harus memakai kacamata perlindungan khusus.


Adapun langkah paling aman untuk memonitor gerhana matahari dengan memakai cara tidak langsung, misalkan dengan membuat camera lubang jarum untuk memproyeksikan gerhana di atas luar.

Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS